Sekilas tentang Software Aplikasi Pembuat Quiz untuk Pembelajaran - [TECHBED]

Technology for Better Education

Monday, December 1, 2014

Sekilas tentang Software Aplikasi Pembuat Quiz untuk Pembelajaran


            
Sajian kali ini membahas tentang software aplikasi pembuat quiz . Software – software aplikasi yang dipaparkan berikut ini merupakan beberapa pilihan software yang direkomendasi oleh penulis.Pembuat quiz disarankan untuk memilih software yang digunakan sesuai dengan sasaran pengguna dan sarana pendukung yang akan digunakan,seperti komputer,CD interaktif,atau yang lainnya.Selamat mencoba dan semoga berhasil .

iSpring Quiz Maker



Software aplikasi untuk pembuat quiz dengan terintegrasi dengan Microsoft power point sebagai aplikasi tambahan di dalamnya (add ons).Software aplikasi ini buatan provider aplikasi pembelajaran iSpring .Inc.Beberapa fitur ditawarkan dalam aplikasi ini seperti pengaturan passing score dan score maksimum.Fitur ini membantu pembuat untuk mengukur capaian dan menerapkan standar setiap paket quiz yang telah dibuat.Fitur lainnya seperti Navigation untuk mengatur tampilan pertanyaan pada quiz yang dibuat dan pengaturan pengumpulan jawaban secara kolektif atau langsung dijawab.Terdapat pula fitur Quetions Branching untuk menghubungkan antar pertanyaan.Fitur Result dapat diatur untuk member pilihan jika pengguna lulus dan tidak lulus sesuai standar (passing score ) yang telah ditetapkan sebelumnya.

Media-media pendukung seperti audio dan video belum tersedia di dalam software ini. Hanya ada pengaturan tema dan font untuk mempercantik tampilan quiz . Hasil akhir dari software aplikasi ini berupa HMTL yang bisa langsung di share melalui web,email,ms. Word dan iSpring Online .
Software aplikasi ini free dalam bentuk trial dengan waktu yang terbatas dan untuk mendapatkan full version,pengguna harus membeli software aplikasi ke provider iSpring . Inc

Info lebih lanjut mengenai software aplikasi ini,silakan kunjungi https://www.ispringsolutions.com/free-quiz-maker

Hot Potatoes


Software aplikasi untuk pembuat quiz berbasis web.Software ini dibuat oleh Research Developmetn Team di Universitas Victoria Humanities Computing and Media Centre untuk digunakan dalam pendidikan. Terdapat 5 pilihan variasi untuk membuat quiz seperti JCloze,Jmatch,JQuiz,JCross dan JMix.

JCloze untuk membuat quiz dalam bentuk isian. JMatch untuk membuat quiz dalam bentuk matching / menjodohkan soal dan jawaban.JQuiz untuk membuat quiz dengan bentuk pilihan ganda. JCross untuk membuat quiz dalam bentuk teka teki silang atau puzzle.JMix untuk membuat quiz dengan penggabungan 4 pilihan variasi sebelumnya yaitu JCloze,Jmatch,JQuiz,dan JCross.

Software aplikasi ini dapat didapatkan secara free dengan fitur-fitur lengkap yang sudah ditawarkan.
Info lengkap mengenai software aplikasi ini,silakan kunjungi https://hotpot.uvic.ca/



Wondershare Quiz Creator


Software aplikasi untuk pembuat quiz interaktif dalam bentuk Flash (.swf). Terdapat banyak pilihan quiz yang bisa dibuat dengan menggunakan software aplikasi ini.Pilihan quiz tersebut seperti quiz dengan metode True/False dengan mengisi jawaban berupa jawaban benar/salah,Multiple Choice dengan mengisi jawaban dengan disajikan beberapa pilihan,Multiple Response dengan mengisi jawaban berupa pilihan respon yang telah disediakan,Fill in the Blank dengan mengisi jawaban pada barisan/tempat kosong yang telah disediakan,Matching dengan mencocokkan pertanyaan ke jawaban,Sequence ,Word Bank,Click Map ,dan Shot Essay.

Setiap pembuatan quiz menggunakan aplikasi ini,pembuat dapat menyisipkan teks,gambar,persamaan,dan editing font.Selain itu,media pendukung lain sperti audio(.mp3) dan video(.flv atau .swf) dapat digunakan dalam software aplikasi ini.

Software aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis versi trial dengan waktu dan fitur yang terbatasUntuk mendapatkan aplikasi full version,pembuat bisa membeli kepada penyedia aplikasi ini .Tersedia juga template yang disediakan oleh provider aplikasi ini untuk memanjakan pembuat untuk desain dari quiz yang telah dibuat.

Info lebih lanjut mengenai software aplikasi ini,silakan kunjungi http://www.wondershare.com/pro/quizcreator.html

ProProfs Quiz Maker


Software aplikasi untuk pembuat quiz berbasis HTML dengan hasil akhir berupa embed code yang dapat di share melalui blog,email,facebook ataupun twitter.Terdapat banyak tipe pertanyaan yang dapat digunakan seperti Multiple choice untuk pertanyaan pilihan ganda,True/False untuk pertnayaan benar/salah,Essat untuk pertanyaan uraian,Matching untuk pertanyaan pencocokan/penjodohan,Fill in the Blanks untuk pertanyaan pengisian baris/kolom yang kosong,Checkboxes untuk pertanyaan dengan pilihan jawaban yang ditandai berupa tanda centang,Document untuk pertanyaan dengan jawaban yang bisa dilampirkan dalama bentuk dokumen,Write Text untuk pertanyaan dan jawaban berupa text,dan Video atau Audio untuk pertanyaan berupa video dan audio

Software aplikasi ini free dalam bentuk trial dengan batasan waktu tertentu dan untuk mendapatkan full version,pengguna aplikasi ini harus membayar ke provider untuk upgrade software ini.


Info lebih lanjut mengenai software aplikasi ini,bisa kunjungi http://www.proprofs.com/quiz-school/

No comments:

Post a Comment